Konsentrasi

KONSENTRASI

  1. HUBUNGAN MASYARAKAT
  2. JURNALISTIK
  3. PERIKLANAN

Diskripsi Mata Kuliah Seluruh Konsentrasi

 

1. MPK FIK 101 Pendidikan Pancasila           

Materi yang dibahas mencakup Pancasila sebagai falsafah & dasar Negara,  dan Kepribadian, UUD 1945. Ideologi negara-negara lain dan dibandingkan dengan ideologi pancasila, serta kaitannya dengan Komunikasi.

2. MPK FIK 103 Ilmu Alamiah Dasar 

Materi kuliah mencakup pengertian dan ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar, hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, hubungan antara ilmu alam dan perkembangan teknologi serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

3. MPK FIK 105 Ilmu Budaya Dasar   

Materi kuliah mencakup pengertian dan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial yang lain, hubungan timbal balik kebudayaan dengan kehidupan manusia dan pengaruhnya terhadap persepsi, daya tangkap dan penalaran manusia tentang lingkungan sosial budaya masyarakat.

4. MKK FIK 107 Pengantar Ilmu Politik         

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perkembangan, paradigma/perspektif ilmu politik, dalam berbagai konsep dan teori  politik dalam kaitannya dengan praktik komunikasi politik, termasuk hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

5. MKK FIK 109 Pengantar Ilmu Komunikasi 

Materi kuliah mencakup sejarah perkembangan komunikasi sebagai ilmu, definisi, pengertian, ruang lingkup, proses, dan model dasar komunikasi.

6. MKK FIK 111 Dasar-dasar Filsasat dan Logika       

Materi yang dibahas meliputi pengertian, jenis, dan prinsip-prinsip Logika dan Filsafat ilmu komunikasi,  pengembangan daya pikir dan nalar manusia.

7. MKK FIK 113 Pengantar Sosiologi 

Materi yang dibahas mencakup pengertian, perspektif dalam  Sosiologi, pola pola perubahan masyarakat, stratifikasi sosial, konsep-konsep dasar masyarakat, kelompok, proses sosial dan kebudayaan, serta lembaga-lembaga sosial termasuk lembaga media massa dan kaitannya dengan praktek ilmu komunikasi.

8. MPK FIK 102 Pendidikan Kewarganegaraan

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, wawasan kebangsaan, negara, masyarakat, HAM, Demokrasi dan otonomi daerah serta penerapannya.

9. MPK FIK 104 Pendidikan Agama   

Materi kuliah meliputi penanaman nilai-nilai keagamaan kepada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan ketaqwaan, kematangan dalam hubungan antara sesama manusia, kualitas peribadatan dan implikasinya dalam kehidupan sehari hari  (mahasiswa dapat memilih kuliah berdasarkan agama masing-masing).

10. MKB FIK 106 Bahasa Inggris       

Materi kuliah mencakup grammar, reading, listening, writing, conversation dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi.

11. MKK FIK 108 Pengantar Antropologi      

Mata kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perkembangan, sejarah, aliran, dan konsep-konsep dasar antropologi dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi dan ilmu lainnya.

12. MKK FIK 110 Pengantar Statistik Sosial  

Materi yang dibahas secara umum mencakup pengertian, fungsi, peran dan jenis statistik, distribusi frekuensi, nilai-nilai tendensi sentral pengukuran varibilitas dan jarak pengukuran, teknik-teknik analisis asosiasi, korelasi dan deferensiasi, pengenalan program SPSS dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi.

13. MKK FIK 112 Pengantar Psikologi           

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup fungsi psikis, aliran, dan prinsip dasar psikologi, persepsi, teori-teori kontekstual yang relevan dengan ilmu komunikasi.

14. MKB FIK 114 Sistem Ekonomi Indonesia 

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup ekonomi  mikro maupun makro; teori-teori pembangunan ekonomi indonesia, strategi dan kebijaksanaannya; perbandingan sistem ekonomi Indonesia dengan sistem ekonomi negara lain, dan keterkaitan antara sistem ekonomi Indonesia dengan Komunikasi.

15. MKB FIK 201 Sistem Politik Indonesia    

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perspektif , teori-teori, dan konsep-konsep sistem politik Indonesia, termasuk didalamnya keterkaitan sistem politik dengan praktik komunikasi, khususnya hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan di indonesia.

16. MKK FIK 203 Metode Penelitian Sosial   

Materi yang dibahas meliputi prinsip-prinsip berpikir ilmiah, jenis, tahapan dan prosedur penelitian, prinsip-prinsip penyusunan rancangan instrumen dan laporan penelitian.

17. MKB FIK 205 Sistem Hukum Indonesia   

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup serta asas-asas hukum, HAM, hubungan antara ilmu hukum dan ilmu-ilmu sosial lainnya, jenis dan sistem hukum yang berlaku di Indonesia, serta pembangunan hukum HAM di Indonesia.

18. MKK FIK 207 Asas-asas Manajemen        

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, unsur-unsur, manajemen : mulai dari perencanaan, pengorganisasian, evaluasi, sampai dengan pengawasan, dan konsep konsep : Manajemen By Objevtive , Total Quality Control dan manajemen Stratejik, Hubungan manajemen dengan komunikasi  serta keterkaitan asas-asas manajemen dengan praktik komunikasi, meliputi hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

19. MKB FIK 209 Sistem Sosial Budaya Indonesia     

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, macam-macam perspektif/pendekatan, teori-teori, dan konsep-konsep sistem sosial budaya indonesia, termasuk di dalamnya keterkaitan dengan praktik komunikasi, khususnya hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

20. MKK FIK 211 Teori Komunikasi   

Materi yang dibahas mencakup pengertian teori, fungsi teori, macam-macam model dan teori-teori komunikasi, contoh-contoh penerapan teori komunikasi  kontektual  untuk penelitian komunikasi, di bidang hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

21. MKB FIK 202 Sosiologi Komunikasi        

Materi kuliah secara garis besar mencakup pengertian sosiologi komunikasi, sifat dan fungsi sosial dari komunikasi, status dan fungsi komunikasi sebagai lembaga sosial, tinjauan sosiologi terhadap aspek-aspek : komunikator, komunikan, isi pesan, media komunikasi, dan efek komunikasi, serta keterkaitan sosiologi komunikasi dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

22. MKB FIK 204 Komunikasi Internasional

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi internasional, perkembangan komunikasi internasional sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi internasional meliputi teori imperialisme media, budaya massa, dan post moderis dan kekuatan dan kelemahan masing-masing paradigma komunikasi internasional. Hubungan Komunikasi Internasional dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

23. MKB FIK 206 Komunikasi Politik 

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi politik, perkembangan komunikasi politik sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi politik, dengan kelemahan masing-masing  Hubungan bidang studi komunikasi politik dengan praktik, penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

24. MKB FIK 208 Psikologi Komunikasi        

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup psikologi komunikasi, karakteristik manusia individu dan kelompok dalam praktik hubungan masyarakat, Jurnalistik dan Periklanan.

25. MKB FIK 210 Komunikasi Lintas Budaya 

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi lintas budaya, perkembagan komunikasi lintas budaya sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi lintas budaya,  berbagai masalah komunikasi lintas budaya, serta hubungan nya dengan praktik dan penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

26. MKB FIK 212 Komunikasi Sosial dan Pembangunan        

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi sosial dan pembangunan, perkembangan komunikasi sosial dan pembangunan sebagai suatu bidang studi (termasuk teori-teori modernisasi, dependensi dan gelombang sosial), macam-macam paradigma dan teori komunikasi sosial dan pembangunan,  berbagai masalah komunikasi sosial dan pembangunan serta hubungan nya  dengan praktik dan penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

27. MKB FIK 214  Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi  

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, dan perkembangan teknologi komunikasi, mulai dari radio sampai multi media berikut implikasinya dalam dunia kehumasan, jurnalistik, dan periklanan.

28. MKK FIK 301 Dasar – Dasar Humas         

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik khalayak,  teori-teori, dan penerapannya dalam merencanakan kegiatan dan media Humas, pratik wawancara  mengembangkan strategi, membangun dan memelihara citra positif organisasi / institusi melalui kegiatan humas.

29. MKK FIK 303 Dasar – Dasar Jurnalistik    

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup dan karakteristik kegiatan jurnalistik teknik mencari dan menulis berita, teori-teori, dan penerapannya dalam kegiatan reportase, pemilihan dan penyusunan isi media, berdasarkan  nilai berita.

30. MKK FIK 305 Dasar-Dasar Periklanan      

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup dan karakteristik, teori-teori, dan penerapannya dalam merencanakan periklanan yang efektif, memilih media yang tepat, menata pesan dan pengembangan kreatif untuk mencapai tujuan periklanan.

31. MPB FKP 331 Aplikasi Komputer dan Net Working         

Mata kuliah praktik ini mencakup keterampilan  aplikasi komputer untuk tujuan penulisan (word-processing), penyimpanan dan pengolahan data, pembuatan gambar, animasi, web, jaringan dan internet untuk berbagai tujuan komunikasi.

32. MKK FIK 307 Komunikasi Massa 

Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi massa, perkembangan komunikasi massa sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi massa, kekuatan dan kelemahan masing-masing paradigma  hubungan bidang studi komunikasi massa dengan praktik  penelitian humas, jurnalistik, dan periklanan.

33. MKK FIK 309  Komunikasi Antarpribadi  

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, dan karakteristik, teori-teori dan penerapan teori dalam upaya memahami individu dalam KAP, memahami diri sendiri,  memahami dari orang lain dan memahami, Hubunan dalam KAP dan kaitannya dengan praktik Humas , Jurnalistik dan Periklanan.

34. MKK FIK 311  Komunikasi Kelompok      

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, dan karakteristik, teori-teori dan penerapan teori-teori komunikasi kelompok dalam upaya meningkatkan efektivitas kelompok,  kemampuan kepemimpinan kelompok untuk  mencapai tujuan spesifik (misalnya memecahkan masalah dengan membangkitkan gagasan).

35. MKK FIK 313  Komunikasi Organisasi     

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori, dan penerapan teori-teori komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal, untuk mengembangkan semangat kerja dan produktivitas, mengurangi kejenuhan informasi, dan  meningkatkan efisiensi.

36. MKB FIK 315  Sistem Komunikasi Indonesia       

Materi kuliah mencakup sistem komunikasi,  perbandingan sistem komunikasi Indonesia dengan sistem komunikasi negara lain, komunikasi yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, keterkaitan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan, perubahan sosial dan, keterkaitan,  dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

37. MKB FIK 302  Hukum HAM dan Sistem Media Massa      

Materi kuliah secara garis besar mencakup pengertian hukum  HAM dan sistem media massa, aspek-aspek hukum dalam liputan media massa dan HAM, delik-delik pers, undang-undang pers dan/atau media massa,  dan dinamika sosial, berbagai sistem media massa, keterkaitan hukum dan sistem media massa dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan HAM Periklanan.

38. MPB FIK 304  Dasar-Dasar Siaran Radio 

Materi yang dibahas mencakup pengertian siaran radio, karakteristik radio sebagai media komunikasi massa teori dan, elemen pokok siaran radio dan penggunaannya serta pengaruhnya terhadap masyarakat.

39. MPB FIK 306  Dasar-Dasar Siaran TV      

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori dan penerapan dasar-dasar siaran TV dalam perencanaan dan pengaruh terhadap masyarakat.

40. MKB FIK 308  Komunikasi Bisnis dan Pemasaran

Materi kuliah mencakup pengertian (Komunikasi Bisnis dan Pemasaran), ruang lingkup, karakteritik, teori-teori, dan penerapan  komunikasi pemasaran terpadu, mengembangkan strategi untuk memaksimalkan hasil pemasaran, melalui unsur unsur strategis, taktis dan nilai dalam  memadukan PR dan Promosi dan Periklanan untuk membangun citra merek.

41. MKK FIK 310  Metode Penelitian Komunikasi     

Materi yang dibahas mencakup jenis dan model penelitian komunikasi,  kuantitatif dankualitatif teknik-teknik penelitian komunikator, pesan, media, komunikan/khalayak, efek komunikasi, dan latihan penelitian komunikasi.

42. MKB FIK 312  Manajemen Industri Kehumasan   

Materi kuliah mencakup  kehumasan sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi (perencanaan dan manajemen) serta hubungannya dengan pemasaran, Periklanan dan Jurnalistik.

43. FIK FIK 316 Manajemen Industri Media Cetak     

Materi kuliah mencakup pengertian media cetak sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan,  dan strategi (perencanaan dan manajemen), serta hubungannya dengan Humas, Hukum dan HAM dan Periklanan.

44. MKB FIK 316  Manajemen Industri Media Massa Elektronik        

Materi kuliah mencakup  media elektronik sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi (perencanaan dan manajemen), serta hubungannya dengan Humas, Iklan, pemberitaan dan Hiburan.

45. MKB FIK 318  Manajemen Industri Periklanan    

Materi kuliah mencakup eksistensi periklanan sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi perencanaan  dan manajemen dalam mengelola industri periklanan, dan hubungannya  pengiklan, media,  riset pemasaran, agencydan Konsumen.

46. MKB FIK 401  Manajemen Isu, Krisis dan Konflik

Materi kuliah meliputi pengetahuan mengenai pengertian, karakteristik, metode pengenalan, pendekatan sistematis, sumber-sumber konflik, bentuk krisis, teknik solusi isu,  serta penerapannya dalam membangun dan memelihara hubungan yang efektif.

47. MPB FKP 431 Produksi Siaran Radio       

Materi mencakup pengertian, karakteristik, perencanaan dan  pemrograman, dan evaluasi.

48. MPB FKP 432 Produksi Siaran TV           

Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis mengenai karakteritis produksi siaran TV dan penerapannya dalam perencanaan program dan evaluasi.

49. MKB FIK 403 Psikologi Khalayak/Konsumen       

Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis mengenai pengertian khalayak konsumen dari perspektif psikologis, serta proses dan mekanisme internal penerimaan dan pengolahan informasi dalam diri khalayak konsumen dalam menentukan pilihan pembelian.

50. MBB FKP 433 Penulisan Kreatif  

Materi kuliah mencakup pengertian, karakteristik, jenis, pengumpulan data dan teknik penulisan kreatif (cerpen, novel, puisi, esai, naskah iklan, skenario film).

51. MBB FIK 405 Filsafat dan Etika Komunikasi        

Materi perkuliahan etika dan filsafat komunikasi mencakup pengertian etika komunikasi, berbagai perpektif etika komunikasi, dan kode etik hubungan masyarakat, kode etik jurnalistik dan kode etik periklanan. Materi filsafat komunikasi secara garis besar mencakup pengertian, berbagai aliran pemikiran, isu-isu dasar, telaah filsafat terhadap teknologi informasi dan komunikasi, dan keterkaitan filsafat komunikasi dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

 

J. Mata Kuliah Konsentrasi Hubungan Masyarakat

52. MKB 302 FKH Menulis Release

Materi kuliah mencakup pengertian,  pengumpulan bahan penilaian informasi yang bernilai berita dan teknik penulisan release untuk berbagai jenis media menurut karakteristiknya.

53. MKB FKH 401 Perencanaan Merek dan Citra    

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup dan karakteristik merek dan citra, teori-teori dan penerapannya dalam membangun ekuitas merek, menciptakan, memelihara, mengembangkan dan melindungi merek agar bisa menghasilkan nilai dan citra.

54. MKB FKH 403 Rethorika dan Public Speaking  

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori   mengenali dan memahami publik, teknik, mengkomunikasikan informasi secara lebih efektif,  persuasif dengan cara, mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun, dan menyampaikan pesan  dalam pratek berpidato.

55. MKB FKH 431 Fotografi Kehumasan    

Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis dan praktis tentang seluk beluk penggunaan kamera dan praktek  pengambilan gambar/objek dalam berbagai situasi untuk tujuan dokumentasi dan jurnalistik.

56. MBB FKH 407 Meny. Annual Report & Company Profile          

Materi kuliah mencakup pengertian, karakteristik, dan cara merencanakan, menyusun dan memproduksi media media humas dan memanfaatkannya untuk membangun citra.

57. MBB FKH 409 Keprotokolan    

Materi kuliah mencakup pengetahuan praktis mengenai teknik dan etika pengelolaan berbagai acara formal, mulai dari pertemuan, perjamuan, dan pesta dalam kegiatan kemasyarakatan hingga upacara kenegaraan yang melibatkan hubungan diplomatik antar negara.

58. MKB FKH 402 Kapita Selekta Humas    

Materi kuliah meliputi kegiatan menyeleksi, mengkaji, menganalisis dan menyimpulkan berbagai peristiwa aktual yang berkaitan dengan kehumasan, berdasarkan implementasi/aplikasi teorinya dalam suatu bentuk kegiatan kehumasan praktis.

59. MPB FKH 404 Praktik Humas (PKL)     

Melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan pada instansi / lembaga Humas.

60. MBB FIK 500 Skripsi

Laporan hasil penelitian setelah tahapan outline. Penelitian dalam keilmuan Komunikasi dengan lingkup sesuai konsentrasi yaitu Hubungan Masyarakat.

 

 

K. Mata Kuliah Konsentrasi Jurnalistik

52. MKB FKJ 302 Jurnalistik Media Cetak

Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis dan praktis tentang teknik kegiatan mencari, mengolah, menulis, reportase dan penerapannya dalam jurnalisme media cetak.

53. MKB FKJ 401 Kebijaksanaan Redaksional        

Materi kuliah mencakup pengertian kebijaksanaan redaksional, peranan dan penerapannya dalam media, berkaitan dengan kemampuan merencanakan isi, mengumpulkan materi berita/artikel, memilih teknik penulisan, gambar dan prinsip-prinsip penyuntingan, dan menentukan desain.

54. MPK FKJ 403 Bahasa Indonesia Jurnalistik      

Materi yang dibahas mencakup kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, karakteristik ragam bahasa indonesia jurnalistik berdasarkan jurnalisme berita/teknik penulisan dan berdasarkan karakteristik media, penerapan dan evaluasi bahasa indonesia jurnalistik.

55. MBB FKJ 405 Fotografi Jurnalistik       

Materi kuliah mencakup pengetahuan praktis tentang kamera dan teknik  fotografi untuk kepentingan jurnalistik.

56. MKB FKJ 407 Jurnalistik Media Elektronik       

Materi kuliah mencakup pengetahuan praktis tentang Media dan kegiatan teknik reportase dan penerapannya dalam jurnalistik media elektronik.

57. MKB FKJ 409 Perwajahan dan Tata Letak         

Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik perwajahan dan tata letak, penataan perwajahan surat kabar/majalah. Praktek  desain yang optimal, memilih foto atau imaji yang tepat, menetapkan ukuran dan, menentukan halaman.

58. MKB FKJ 402 Kapita Selekta Jurnalistik           

Materi kuliah meliputi kegiatan menyeleksi, mengkaji, menganalisis dan menyimpulkan peristiwa aktual  yang berkaitan dengan jurnalistik berdasarkan   implementasi/aplikasi teorinya dalam suatu bentuk kegiatan jurnalistik praktis.

59. MPB FKJ 404 Praktik Jurnalistik (PKL) 

Melaksanakan kegiatan praktik kerja Jurnalistik pada Media massa.

60. MBB FIK 500 Skripsi    

Laporan hasil penelitian setelah tahapan outline. Penelitian dalam keilmuan Komunikasi dengan lingkup  konsentrasi yaitu Jurnalistik.

 

L. Mata Kuliah Konsentrasi Periklanan

52. MKB FKL 302 Produksi Iklan Cetak      

Materi kuliah mencakup kegiatan mempersiapkan mulai dari desain sampai siap cetak dan memproduksi iklan cetak untuk media komunikasi.

53. MKB FKL 401 Perencanaan Strategi Periklanan           

Materi kuliah mencakup pengetahuan teknis pemilihan dan terapan mengenai perencanaan dan manajemen periklanan,; meliputi  penetapan tujuan dan anggaran, pemilihan strategi kreatif dan media; serta evaluasi peranannya dalam menghasilkan iklan yang efektif.

54. MPK FKL 403 Bahasa Periklanan         

Materi kuliah mencakup pengetahuan dan kajian teoretis mengenai karakteristik dan ragam bahasa periklanan dalam bahasa Indonesia, serta pengetahuan praktis mengenai teknis menulis /mengkomunikasikan visi dan misi produk / jasa yang diiklankan serta karakteristik media periklanan.

55. MBB FKL 405 Fotografi Periklanan      

Materi kuliah mencakup pengetahuan praktis tentang kamera dan teknik fotografi untuk kepentingan periklanan.

56. MKB FKL 407 Produksi Iklan Elektronik           

Materi kuliah mencakup kegiatan teknik memproduksi iklan elektronik dan praktek meliputi, jenis kamera, kreatif, visual, sesuai media komunikasi.

57. MKB FKL 409 Seni dan Desain Grafis  

Materi kuliah mencakup pengetahuan praktis tentang pengertian, ruang lingkup, karakteristik desain grafis dan praktek  desain grafis untuk berbagai kepentingan Humas, Jurnalistik dan Periklanan.

58. MKB FKL 402 Kapita Selekta Periklanan          

Materi kuliah meliputi kegiatan menyeleksi, mengkaji, menganalisis peristiwa aktual dan menyimpulkan sesuai dengan implementasi / aplikasi teorinya dalam suatu bentuk kegiatan pratek periklanan praktis.

59. MPB FKL 404 Praktik Periklanan         

Melaksanakan kegiatan praktik kerja pada lembaga periklanan

60. MBB FIK 500 Skripsi

Laporan hasil penelitian setelah tahapan outline. Penelitian dalam keilmuan Komunikasi dengan lingkup sesuai konsentrasi  Periklanan.