Kampus I : Jl. Hang Lekir I/8 Gelora Jakarta Pusat 10270

Telp. 021 7261433

Kampus II : Jl. Swadarma Raya No. 54 Ulujami Jakarta Selatan

Telp. 021 58902925

Surel : [email protected]

Sejarah

Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B)


Mayor Jenderal Prof. DR. Moestopo ingin membantu masyarakat umum agar dapat mengenyam pendidikan tinggi, sehingga mampu memperbaiki kualitas kehidupan sendiri. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Program Pascasarjana dan lembaga-lembaga pengabdian lainnya.

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) selanjutnya disingkat FIKOM UPDM (B) telah melewati sejarah panjang. Pada awal berdirinya 13 Desember 1964 FIKOM UPDM (B) dikenal dengan nama Fakultas Publisistik, program peminatan Public Relations. Pada tanggal 31 Desember 1964 melalui Surat Keputusan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Jakarta, Nomor: 23.P/B-Swt/I/65, Fakultas Publisistik memperoleh Status Terdaftar. Perubahan menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 0331/0/1985 tanggal 27 Juli 1985. Pada tanggal 15 Oktober 1988 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor:0501/0/1988 Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B) Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat memperoleh Status Diakui.

Pada tanggal 21 Januari 1993 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 4/Dikti/Kep./1993, FIKOM UPDM (B) Program Studi Hubungan Masyarakat memperoleh Status Disamakan.
Tertanggal 9 Juli 2003 melalui SK BAN No. 05480/Ak/VII/2003, FIKOM UPDM (B) Program Studi Ilmu Komunikasi memperoleh Akreditasi dengan peringkat peringkat A.

Tanggal 30 oktober 2008 melalui SK BAN No. 027/BAN-PT/Ak-XI/S1/IX/2008.FIKOM UPDM (B) Program Studi Ilmu Komunikasi memperoleh Akreditasi dengan peringkat A.

Tertanggal 19 Oktober 2013 melalui SK BAN No. 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013, FIKOM UPDM (B) Program Studi Ilmu Komunikasi memperoleh Akreditasi dengan peringkat peringkat A. Pada saat ini FIKOM UPDM (B) menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Program Studi Ilmu Komunikasi dengan tiga konsentrasi, masing-masing; Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, dan Periklanan.
Visi

Terwujudnya Fakultas Ilmu Komunikasi yang unggul, berdaya saing, bercitra positif serta berwawasan kebangsaan dan menjadikan Fakultas Ilmu Komunikasi berkelas internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan berdaya saing yang mampu menghasilkan lulusan berkelas internasional.
2. Menetapkan keunggulan, daya saing dan citra positif, sebagai nilai dasar dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
3. Menetetapkan wawasan kebangsaan sebagai landasan utama dalam membangun karakter kejuangan civitas akademika menuju persaingan global dan regional.
4. Membangun suasana belajar yang kondusif sehingga mendukung dan sejalan dengan terselenggaranya prinsip keunggulan, daya saing serta citra positif guna mendukung terwujudnya Fakultas Ilmu Komunikasi berkelas internasional.

PRODI ILMU KOMUNIKASI

Visi

Terwujudnya Program Studi Ilmu Komunikasi yang unggul, berdaya saing, bercitra positif serta berwawasan kebangsaan dan menjadikan program studi berkelas internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan berdaya saing yang mampu menghasilkan lulusan berkelas internasional.
2. Menetapkan keunggulan, daya saing dan citra positif, sebagai nilai dasar dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
3. Menetetapkan wawasan kebangsaan sebagai landasan utama dalam membangun karakter kejuangan civitas akademika menuju persaingan global dan regional.
4. Membangun suasana belajar yang kondusif sehingga mendukung dan sejalan dengan terselenggaranya prinsip keunggulan, daya saing serta citra positif guna mendukung terwujudnya program studi berkelas internasional.

Tujuan

1. Sesuai dengan Visi dan Misi, Tujuan FIKOM UPDM (B) dirumuskan sebagai berikut:
1). Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan teoretis dan metodologis serta kemampuan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.
2). Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan manajerial dalam menganalisis dan pemecahan masalah untuk mencapai tujuan bidang konsentrasi yang ditekuni.


Tujuan Konsentrasi :
1). Hubungan Masyarakat :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan di bidang Humas serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.
2). Jurnalistik :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan media massa serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.
3). Periklanan :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan di bidang periklanan serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.