Dr. H.M. Saifulloh, S.Sos., M.Si.
FIKOM DIGI 5.0 wajah baru FIKOM UPDM (B) yang mencerminkan institusi Pendidikan ilmu komunikasi berorientasi digital, baik dalam proses Pendidikan, penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, maupun administrasi kependidikannya.
Sebagai implementasinya, FIKOM digi 5.0 melakukan perombakan kurikulum Pendidikan tingginya yang bertujuan untuk melahirkan profesi-profesi komunikasi yang cakap dan mahir di dunia media komunikasi digital. Cakap dan mahir dalam Perencanaan strategi, eksekusi hingga Analisa dan evaluasi seluruh proses komunikasi media digital.
Visi : Menjadi institusi Pendidikan ilmu Komunikasi yang melahirkan profesi profesi komunikasi cakap dan mahir di dunia media digital
Misi :
Melahirkan professional di bidang komunikasi :
- Digital Broadcasting
- Digital Media Journalism
- Digital Public Relations
- Digital Advertising
Curriculum Maping
Fizzy Andriani, S.E., M.Si
Teknologi Informasi terus berkembang mengubah perilaku dan kebutuhan di masyarakat, membuat keahlian dalam bidang Komunikasi Digital menjadi sebuah kebutuhan.
Namun cepatnya perubahan tersebut juga harus diikuti dengan kesiapan individu-individunya. Tidak hanya dari skill, namun juga logika berpikir dan perilaku digital yang beretika.
Fikom UPDM(B) melalui Fikom Digi 5.0, mengembangkan konsep pendidikan dengan basis pengetahuan digital. Melalui 4 Konsentrasi yang kami miliki yaitu Digital Public Relation, Digital Advertising, Digital Media Journalism dan Digital Broadcasting, juga dilengkapi berbagai fasilitas Lab Terpadu Fikom, kami hadir untuk membentuk masyarakat digital yang siap beradaptasi terhadap perubahan cepat teknologi dengan aman dan beretika.
Yuk, ikutan menjadi individu yang kreatif dan beretika di ranah digital yang siap beradaptasi menyambut Indonesia Emas 2045.
Detail informasi hubungi KAPRODI
Konsentrasi ini focus pada Public Relation sebagai sebuah keilmuan dan membentuk kemampuan manajemen relasi di berbagai platform digital dan konvensional, namun tetap beretika dan mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang terus berubah.
Kompetensi yang dibutuhkan di dunia PR pada era digital
- Memahami Digital dan Teknologi
- Kemampuan Visual dan infografis
- Fotografi dan videografi
- Data Analitik, SEO, AI, dan AR
- Penulisan dan Public Speaking
- Enterpreneurship
- Kemampuan berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, Kolaboratif dan Beretika
- Pemasaran dan Periklanan
Peluang kerja di bidang Digital PR
- Digital Media Specialist antara lain social media specialist (admin, analis, manager), content creator, digital marketer, dan digital customer care.
- Event Organizer
- PR Consultant
- Social media specialist
- PR Officer/Corporat PR
- SEO Specialist
- dll
Digital Public Relations
Digital Media Journalism
Konsentrasi ini focus pada Media dan Jurnalistik sebagai sebuah keilmuan dan membentuk kemampuan jurnalis dan pekerja media di berbagai platform digital dan konvensional, namun tetap beretika dan mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang terus berubah.
Kompetensi yang dibutuhkan di Digital Media Journalism
- Memahami Media dan karakteristiknya
- Memahami dunia Jurnalistik
- Memahami Digital dan Teknologi
- Kemampuan Visual dan infografis
- Fotografi dan videografi
- Data Analitik, SEO, AI, dan AR
- Penulisan naskah berita dan Anchoring
- Enterpreneurship
- Kemampuan berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, Kolaboratif dan Beretika
- Data Digital
Peluang kerja di bidang Digital Media Journalism
- Journalist
- Editor Berita, Foto dan Video
- Photographer/Videographer
- Content/Copy writer
- Content Creator
- SEO Specialist
- Data analist
- Documentary Producer
- News Producer
- Dll.
Konsentrasi ini focus pada Periklanan sebagai sebuah keilmuan dan membentuk kemampuan kreatif dan persuasif di berbagai platform digital dan konvensional, namun tetap beretika dan mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang terus berubah.
Kompetensi yang dibutuhkan di dunia Advertising pada era digital
- Memahami Digital dan Teknologi
- Kemampuan Visual dan infografis
- Fotografi dan videografi
- Data Analitik, SEO, AI, dan AR
- Penulisan dan Public Speaking
- Enterpreneurship
- Kemampuan berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, Kolaboratif dan Beretika
- Promosi dan Pemasaran Multiplatform
Peluang kerja di bidang Digital Advertising
- Kreatif Iklan
- Copywritter
- Graphic Designer
- Animator
- Videografer dan Editor Video
- Social media specialist
- Web Developer dan Desainer
- Content Creator
- SEO Specialist
- Konsultan Pemasaran di media Multiplatform
- Konsultan Komunikasi di media multiplatform
- dll
Digital Advertising
Digital Broadcasting
Konsentrasi ini focus pada Penyiaran Digital sebagai sebuah keilmuan dan membangun kemampuan dalam penyiaran dan produksi pesan di berbagai platform digital dan konvensional, namun tetap beretika dan mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang terus berubah.
Kompetensi yang dibutuhkan Digital Broadcasting
- Memahami Digital dan Teknologi
- Kemampuan Visual dan infografis
- Fotografi dan videografi
- Data Analitik, SEO, AI, dan AR
- Penulisan kreatif dan Public Speaking
- Enterpreneurship
- Kemampuan berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, Kolaboratif dan Beretika
- Promosi dan Pemasaran multiplatform
- Data Digital
Peluang kerja di bidang Digital Broadcasting
- Digital Media Specialist
- Graphic Designer
- Animator
- Videografer dan Editor Video
- Social media specialist
- Web Developer dan Desainer
- Content Creator
- Social media specialist
- Web Developer
- Content Creator
- dll
Bangun Karakter Digital, Universitas Prof. Dr. Moestopo Luncurkan FIKOM DIGI 5.0
RM.id Rakyat Merdeka – Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) meluncurkan tagline dengan nama FIKOM DIGI 5.0 sekaligus penamaan konsentrasi baru, yakni Digital PR, Digital Advertising, Digital Journalism dan Digital Broadcasting.. [ selengkapnya ]
Fikom DIGI 5.0 Wujudkan Digital Character Building
edukasi-okezone – Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) meluncurkan tagline dengan nama FIKOM DIGI 5.0 sekaligus penamaan konsentrasi baru, yakni Digital PR, Digital Advertising, Digital Journalism dan Digital Broadcasting. [ selengkapnya ]
Fikom Digi 5.0 Wujudkan Digital Character Building
AKURAT.CO Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) meluncurkan tagline dengan nama FIKOM DIGI 5.0 sekaligus penamaan konsentrasi baru, yakni Digital PR, Digital Advertising, Digital Journalism dan Digital Broadcasting.. [ selengkapnya ]
Fikom Moestopo Luncurkan Tagline Digi 5.0, Upaya Wujudkan Digital Character Building
WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) meluncurkan tagline dengan nama FIKOM DIGI 5.0 sekaligus penamaan konsentrasi baru, yakni Digital PR, Digital Advertising, Digital Journalism dan Digital Broadcasting.[selengkapnya]
Bidik Gen Z, Universitas Moestopo Luncurkan FIKOM DIGI 5.0
moestopo.ac.id, JAKARTA – Gelombang era digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan kita hingga melahirkan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Karena itulah, untuk menjawab perkembangan zaman yang ada maka Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) pun memulai gerakan baru. [selengkapnya]